Penyebab Payudara Kendur

Sulit dipercaya, tapi melorot atau kendurnya payudara adalah umum, alami dan tak terelakkan seiring usia wanita bertambah. Banyak wanita mengeluh karena payudara kendor dan seringkali menganggapnya jelek, tidak normal atau bahkan aneh. Namun, paramedis percaya bahwa payudara kendur akan terjadi pada seorang wanita di beberapa titik dalam hidupnya karena itu adalah bagian dari proses alamiah fisik.

Payudara kendor mungkin karena beberapa sebab: kehamilan, diet, menopause, genetika dan ukuran.

Payudara wanita hamil secara alami akan membengkak karena susu berkembang di dalamnya, meregangkan kulit untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Setelah menyusui dihentikan – atau lebih awal jika si wanita tidak menyusui – payudara akan menyusut karena kandungan susunya berkurang, tapi kulit mungkin tetap meregang, membuat payudara kendor.

Hal yang sama terjadi jika seorang wanita turun berat badan atau mencapai menopause. Penurunan berat badan mengurangi jaringan lemak di payudara tetapi tidak berkontraksi di kulit. Pada menopause, saluran susu di payudara menyusut tetapi kulit tidak berkontraksi secepat itu, sehingga payudara bisa melihat kendur. Berapa lama dan berapa banyak melorotnya, kendurnya dan faktor lain sebagian ditentukan oleh genetik individu.

Untuk faktor ukuran, payudara besar cenderung kendur atau melorot lebih cepat karena gravitasi, yang menarik mereka lebih kuat karena mereka memiliki lebih banyak massa.
Kendurnya payudara dapat dicegah melalui latihan, pola makan yang benar dan bra yang baik.
Elastisitas kulit, yang menentukan bagaimana payudara ‘berdiri’, sangat dipengaruhi oleh apa yang dicerna. Mengkonsumsi makanan kaya protein dapat meningkatkan sintesis kolagen, zat yang mempertahankan elastisitas kulit. Kulit yang lebih elastis lebih kuat mendukung payudara dan dengan demikian meminimalkan payudara kendor.

Meskipun tidak mungkin untuk menaikkan payudara, melatih otot-otot di bawahnya dapat membuat payudara terlihat lebih kencang. Ada instruksi latihan khusus untuk keperluan ini yang tersedia secara online yang dapat dicoba oleh wanita untuk meringankan payudara kendor. Latihan dapat mencakup penggunaan dumbel dan pushup.

Akhirnya, bra berkualitas baik dapat meningkatkan payudara kendor. Payudara tidak memiliki otot untuk menjaga supaya tegak, dan hanya ligamen Cooper yang mengaitkannya ke dada ditambah kulit adalah satu-satunya pendukung. Ligamen tidak dapat dilatih, dan kulit dengan sifatnxa cenderung untuk meregang ketika terus-menerus dilatih, adalah apa yang terjadi pada payudara. Jadi bra pendukung yang baik dapat membantu mengurangi kecenderungan payudara melorot.

Posting Komentar

0 Komentar